Card image cap

Bangun 16 Puskesmas Dinas Kesehatan Kupang Waspada Korupsi

    menggandeng Kejaksaan Negeri Oelamasi.
Berita    2018-11-18  13:53:21

gambar

AKURAT.CO, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten KupangRobert Amaheda menyebut telah mengantisipasi korupsi pembangunan proyek fasilitas kesehatan pada 2017 dengan menggandeng Kejaksaan Negeri Oelamasi.

 "Mulai 2017 kami menggandeng Kejaksaan untuk mengawasi pelaksanaan tender fasilitas kesehatan di Kabupaten Kupang dalam upaya meminimalkan penyimpangan yang dapat merugikan keuangan negara," kata Robert di Oelamasi, Jumat (2/6).

 Dengan demikian, lanjut Amaheka, kerja sama dengan lembaga penegak hukum sebagai antisipasi kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN) dalam proses tender maupun pelaksanaan pembangunan fisik proyek 2017. Pasalnya uang yang dikeluarkan proyek-proyek kesehatan menelan biaya cukup besar.

 Lebih detil, Robert menjelaskan proyek yang sedang berjalan adalah pembangunan 16 unit puskesmas rawat inap di Kupang. Proyek itu  akan menelan anggaran hingga Rp20 miliar. Anggaran yang dipakai pun menggunakan dana DAK (dana alokasi khusus) TA 2017.

"Dari 16 unit puskesmas yang dibangun, dua puskesmas di antaranya akan dibangun di wilayah perbatasan Kabupaten Kupang dengan negara Timor Leste yaitu di Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara, dan Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur," ujar Amaheka.

Bahkan, dua diantara 16 puskesmas yang dibangun di wilayah perbatasan Timor Leste dan Kabupaten Kupang itu masing-masing menelan dana Rp2 miliar